Dinkes Sumenep Komitmen Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

16

Sumenep | Sigap88 – Pandemi Covid-19 masih Fluktuasi di Kabupaten Sumenep, Madura, hal itu tidak menyurutkan Dinas Kesehatan untuk selalu berupaya pemberantasannya dengan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang upaya upaya pemberantasan Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Sumenep Agus Mulyono, M.Sc saat di temui di ruang kerjanya oleh tim sigap88.com menyampaikan, pemberantasan Covid-19 harus bersama sama semua pihak terutama masyarakat.

“Pemberantasan Covid-19 merupakan tanggung jawab bersama, karena dengan kebersamaan di pastikan Covid-19 akan sirna dari muka bumi ini,” kata Kadinkes Sumenep Agus Mulyono. Senin (23/11)

Saat ini kata Kadis Agus, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana masyarakat sadar dan aktif dalam pemberantasan Covid-19 dengan selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan. “Sampai saat ini vaksin terbaik adalah kedisiplinan masyarakat dalam pencegahan Covid-19, dengan memakai masker, selalu cuci tangan di air mengalir dan jaga jarak juga hindari kerumunan,” jelasnya.

Bahkan dirinya menyinggung tentang masa pancaroba ini pihaknya jauh jauh hari telah meningkatkan pelayanan dan mengantisipasi merebaknya penyakit menular.

“Ditengah Covid-19 ini kami tetap selalu berkomitmen memberikan pelayanan dan antisipasi Merebaknya penyakit menular lainnya di tengah musim pancaroba,” terangnya.

Dan disampaikan pula oleh Kadis Agus sampai memasuki akhir tahun 2020 penyakit Demam berdarah Kabupaten Sumenep sangat menurun.

“Kasus penyakit Demam berdarah di tahu 2020 sangat menurut itu disebabkan pihak kami telah mengantisipasi sebelumnya dengan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang berpola hidup sehat dan berprilaku sehat,” ucapnya.

Dijelaskan oleh Agus, pihaknya telah mengantisipasi dari awal seperti saat pertama Pandemi Covid-19. “Bersamaan dengan pendemi Covid-19 pihak kami telah melakukan antisipasi penularan penyakit menular yang dilakukan oleh semua tim kesehatan di setiap desa,” jelasnya.

“Tim kami secara masiv selalu melakukan penyuluhan kepada warga dan memberikan bubuk Abate secara gratis dan dilanjutkan dengan pemberian vitamin A kepada anak anak,” jelasnya pula.

Lanjutnya, yang paling efektif dalam pencegahan demam berdarah adalah dengan cara Pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan 3M+ (Menguras,menutup dan mengubur barang bekas yang bisa menampung air). “Kami juga membentuk Tim Jumantik di setiap desa, yang tugasnya memantau jentik, sehingga jentik nyamuk Aedes Aegypti dapat di berantas secara berkesinambungan,” tuturnya.

Bahkan, demi meningkatkan imun anak supaya tidak terjangkit penyakit maka anak di berikan vitamin A dan dan Zinc Solfate . “Pemberian Vitamin A setiap 6 bulan sekali untuk meningkatkan perkembangan anak, sedangkan pemberian Zinc sangat besar manfaatnya karena Zinc dibutuhkan lebih dari 100 enzim tubuh dan meningkatkan ketahanan dari penyakit,” paparnya.

Kadinkes Agus Mulyono menegaskan, Pandemi Covid-19 ini bukan ancaman akan tetapi dijadikan peluang untuk maju. “Pandemi Covid-19 ini jadikan suatu pengembangan untuk meningkatkan kesehatan. Dan kesadaran kita untuk selalu berpola sehat dan berprilaku sehat dengan kebersamaan,” pungkasnya. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE