Dinkes Sumenep Berencana Renovasi Puskesmas di Beberapa Titik

171

Sumenep | Sigap88 – Mengupayakan peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat maka, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Madura di tahun 2021 akan membangun dan merehab beberapa Puskesmas.

“Tahun 2021 ini ada beberapa Puskesmas yang ada di Kabupaten Sumenep akan mendapat kucuran dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemkab Sumenep untuk dilakukan renovasi dan Pembangunan,” kata Kabid Sumber daya Kesehatan Moh Nur Insan. Selasa (23/2/2021).

Dana tersebut kata Kabid Nur Insan ada yang melekat di Dinas Kesehatan seperti pembangunan Laboratorium Kesehatan Daerah (Lakesda), Puskesmas Legung dan Puskesmas Masalembu.

Sedangkan yang melekat di Dinas Cipta Karya
Adalah Puskesmas Ambunten, Puskesmas Gapura dan Puskesmas Nonggunung.

“Ini merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat ,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dunas Cipta Karya Sumenep Ir Mohammad Jakfar, MM saat di temui di ruang kerjanya menyampaikan, perencanaan pengajuan lelang kepada Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) sudah dilakukan, namun terbentur dengan keluarnya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomer 77 tahun 2020 maka di kembalikan oleh LPSE.

“Sesuai dengan Permendagri Nomer 77 tahun 2020 dimana Pejabat Pembuat Komitmen (PPKO) harus di jabat oleh Pengguna anggaran (PA) atau Kuasa pengguna anggaran (KPA), akan tetapi selama ini PPKO di jabat oleh Kepala bidang maupun kasi,” ungkap Kadis Jakfar.

Sehingga, perlu menunggu Peraturan Bupati ,(Perbup) sebagai kepanjangan Permendagri Nomer 77 tahun 2020 sebagai pijakan hukum kepada semua OPD untuk melakukan kegiatannya.

“Pembangunan atau renovasi yang akan di lakukan harus sesuai dengan standard Permenkes, karena nantinya akan berdampak kepada sertifikasi dan perijinan,” terangnya. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE