Dinilai Tak ‘Becus’ Kelola Lingkungan, Pospera Soroti DLH- KP

30

Pasuruan, Sigap88 – Hasil Perumusan atas Rakercab ke- II Program Kerja (Proker) Dewan Perwakilan Cabang Posko Perjuangan Rakyat (DPC Pospera) Kota Pasuruan, terus diwujudkan dalam kerja nyata di awal tahun 2021.

Dari hasil perumusan pada sembilan program kerja DPC Pospera Kota Pasuruan, di Hotel Horison Jl. Jend. A. Yani No.45-47, Gadingrejo, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur pada Sabtu (9/1) kemaren, ada sejumlah program kerja yang sudah dilakukan, salah satunya peduli terhadap lingkungan.

Hal itu terbukti pasca perumusan proker beberapa hari lalu di Hotel Horison Pasuruan, DPC Pospera bersama warga, bersinergi dengan dinas PU- PR Kota Pasuruan, melakukan normalisasi dan mengangkat seluruh kotoran di sepanjang sungai kelurahan Sebani, Kota Pasuruan, pada Minggu (10/1).

“Kegiatan ini dalam rangka pendampingan terhadap warga kelurahan Sebani, yang berinovasi dan berencana melakukan budidaya ikan, dengan memanfaatkan sungai sepanjang kurang lebih 100 meter,” Ujar Slamet Basuki Sekretaris DPC Pospera Kota Pasuruan.

Selain bantuan berupa pendampingan maupun bantuan materil kepada warga yang hendak membuat keramba di Sungai Kelurahan Sebani, pekan lalu Pospera juga sudah melakukan kegiatan bakti sosial dengan membuat dapur umum untuk membantu warga yang terdampak banjir.

“Nah, itu semua sebagai wujud kerja nyata kami semua yang ada di DPC Pospera Kota Pasuruan, dalam menjalankan program demi program di awal 2021 ini,” Imbuhnya.

Meskipun demikian, organisasi besutan tokoh nasional Adian Napitupulu seorang aktivis 98 ini juga tetap mengedepankan karakter sebagai organisasi yang tetap tegak lurus untuk selalu perpihak kepada rakyat, serta menciptakan daya kritis terhadap kebijakan pemerintah yang tidak sejalan dengan rakyat.

“Sembari kita berjalan dalam mewujudkan kerja nyata di tahun 2021 ini, kita juga fokus kepada penjaringan strukturisasi hingga terbentuk pengurus ranting ditingkat bawah,” Urainya.

Untuk hari jadi Kota Pasuruan, Pospera untuk setiap tahunnya selalu berpartisipasi. “Di tahun 2021 Pospera akan menggelar kegiatan berupa penanaman pohon dan penyebaran benih ikan,” Tandas Slamet Basuki.

“Selain itu pada peringatan Hari Jadi Kota Pasuruan nanti, Pospera juga akan melakukan bersih makam, pembacaan tahlil dan puncak acara diakhiri dengan seribu lilin dan mimbar bebas,” ungkapnya.

Dari sembilan program kerja (Proker) DPC Pospera, yang perlu ditekankan adalah proker tentang lingkungan dan pelestarian alam. karena hingga saat ini, pemerintah dalam hal ini DLH- KP Kota Pasuruan, dinilai masih belum menunjukan kinerjanya, baik tatakelola terhadap lingkungam maupun bentuk dukungan terhadap Pospera dibidang lingkungan.

“Banjir yang terjadi kemaren, ini bukti bahwa tata pengelolaan DLH- KP Kota Pasuruan terhadap lingkungan, tidak ‘Becus’,” Terang Amin Suprayitno, Dewan Pembina DPC Pospera Kota Pasuruan.

Dalam mengatasi lingkungan, dijelaskan Amin Suprayitno, harus ada peran dari pemerintah dalam hal ini DLH- KP agar supaya lebih pro aktif dalam melakukan kegiatan yang bersifat pelestarian alam dan lingkungan, agar terhindar dari bencana banjir.

“Harapan kami, pemerintah dalam hal ini DLH- KP bisa lebih serius dalam upaya menjaga serta melestarikan serta merawat lingkungan di kota Pasuruan, agar tidak terjadi lagi bencana banjir,” Tandas Amin Sapaan akrabnya.

“Anggaran Dinas Lingkungan Hidup- KP yang begitu besar, tapi tidak bisa dimanfaatkan, Pospera siap bersinerji. tapi ketika anggaran tidak digunakan dengan sewajarnya, Pospera akan melakukan monitoring terhadap kegiatan DLH- KP Kota Pasuruan,” Tegasnya. (Gun)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE