Desak Buka Penyidikan Baru Kasus Dispora, Lsm di Pasuruan Lurug Kantor Kejari Bangil

247

Pasuruan, Sigap88 – Sejumlah Lsm di Pasuruan, pada hari Rabu, (24/6/20) mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan. kedatangan para pegiat Lsm ini berkaitan dengan kasus Dispora Kabupaten Pasuruan.

Gabungan Lsm ini mendesak Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pasuruan untuk segera mengungkap aktor intelektual korupsi di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Pasuruan, yang hingga saat ini penyidik hanya menetapkan mantan Kabid Olahraga, Lilik W, sebagai tersangka tunggal kasus korupsi yang merugikan keuangan negara hingga Rp 918 juta itu.

Hal ini dilakukan, karena dalam kasus korupsi Dispora, diduga kuat ada keterlibatan orang lain selain Lilik, yang ikut menikmati aliran dana di Dinas Dispora, pada anggaran tahun 2017 lalu.

Lujeng Sudarto, Direktur Pusaka mengatakan bahwa, kalau memang kasus Dispora ini sudah inkrach, Kejaksaan Negeri Bangil, harus membuka penyidikan baru kasus korupsi Dispora, seperti perintah hakim tipidkor. karena dalam kasus tersebut, diduga ada calon tersangka baru.

“Seperti perintah di dalam persidangan oleh majelis hakim tipidkor bahwa, penyidik diminta untuk membuka penyidikan baru, karena diduga dalam kasus korupsi Dispora, tidak dilakukan sendirian. ada calon – calon tersangka baru yang harus dibuka oleh penyidik pidsus kejaksaan bangil,” Kata Lujeng.

Menurut Lujeng, kedatangannya ke Kejari Bangil, tidak ada diskriminasi dalam proses hukum. namun, pihaknya hanya mendesak Kejari Bangil agar melaksanakan apa yang dihasilkan dari saksi – saksi dipersidangan yang diterima oleh hakim bahwa dalam kasus Dispora ada tersangka baru yang harus dibuka oleh penyidik.

“Dari keterangan saksi – saksi dipersidangan, yang direrima oleh hakim, bahwa penyidik harus membuka penyidikan baru,” Katanya.

Sementara, Kasi Pidsus Kejari Bangil, Denny Saputra mengungkapkan bahwa, pihaknya masih menunggu kasasi yang telah dikirim pada 26 Mei lalu ke Mahkamah Agung.

“Kasus ini belum inkrach, dan kami masih menunggu Keputusan dari MA. nah ini akan kami jadikan bahan untuk melakukan pendalaman dan penyidikan lebih lanjut,” Ungkap Denny.

Pertimbangan serta putusan dari Mahkamah Agung, lanjut Deny, inilah yang akan diperuntukan menindaklanjuti pemeriksaan. “Yang jelas, kami sudah mengantongi bukti serta fakta – fakta persidang kasus Dispora,” Pungkasnya. (Gun)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE