Desa Tarebung Gelar Pelatihan Kapasitas Perangkat Desa

433

Sumenep| SIGAP88- Pemerintah Desa Tarebung, Kecamatan Gayam, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa timur melakukan pelatihan Kapasitas Perangkat Desa yang terselenggara di pendopo Balai Desa Tarebung. Kamis (26/12/2019).

Hadir dalam rangka Pelatihan Kapasitas Perangkat Desa dihadiri oleh Staf Kecamatan Gayam, Iqbal, Nanang Aris Susanto, Pj Kepala Desa Tarebung dan segenap perangkat desa dan tokoh masyarakat dan Agama.

Staf Kecamatan Gayam Iqbal dalam penyampaiannya terkait dengan Kapasitas Perangkat Desa, pembinaan Kapasitas Perangkat Desa adalah kemampuan perangkat desa .

“Bagaimana kemampuan kita dalam mengelola roda kepemerintahan desa, yang mana Desa merupakan kepanjangan tangan dari Kecamatan dan Kecamatan kepanjangan tangan dari Kabupaten dan seterusnya,” kata Iqbal.

Menurut Iqbal struktur perangkat Desa sesuai perbup Nomer 33 tahun 2017 tentang struktur organisasi kepemerintahan Desa, yang mengatur didalamnya tentang pelayanan,

Selanjutnya, menurut Perbup 34 tahun 2017 Desa melakukan penjaringan tentang perangkat Desa, Yang didalamnya BPD membentuk panitia dan di SK kan.

“Sesuai dengan harapan Bupati di tahun 2017 kemaren diharapkan penjaringan harus dilakukan, dengan catatan umur minimal 24 tahun sampai 60 tahun dan syarat pendidikan minimal SMA,” papar Iqbal.

Dengan hal itu sesuai dengan PP Nomer 11 tahun 2019 mengenai honor perangkat Desa disesuaikan dengan gaji pegawai golongan 2A, maka harus di lakukan falidasi data.

Sementara Pj Kepala Desa Tarebung H. Sudarman menghimbau kepada semua perangkat desa dalam pelatihan Kapasitas Perangkat desa, agar supaya bisa mengaplikasikan semua aturan dan kemampuan dalam mengelola kepemerintahan Desa.

“Pelatihan ini harus diaplikasikan sehingga semua tugas dan fungsi perangkat desa, bisa dijalankan sesuai tugasnya,” ungkapnya. (Koes)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE