Desa Sobo Giat Bangun Infrastruktur, Geliat Ekonomi Semakin Meningkat

0
0

Trenggalek, SIGAP88 – Dana Desa adalah Dana yang bersumber dari APBN yang diperuntukkan bagi Desa atau Desa Adat yang ditransfer melalui APBD Kota/Kabupaten dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan serta pemberdayaan masyarakat dan kemasyarakatan.

Hal itu sesuai dengan Amanat Undang-undang nomor 6 Tahun 2014 tentang Dana Desa dimana Pemerintah mengalokasikan Dana Desa melalui mekanisme transfer kepada setiap Desa berdasarkan jumlah penduduk (30%), luas wilayah (20%) dan angka kemiskinan (50%). Hasil perhitungan tersebut disesuaikan juga dengan tingkat kesulitan geografis masing-masing desa.

Desa Sobo , Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek adalah salah satu Desa yang sudah mendapat aliran dana
tersebut, ditahun 2018 ini dana yang tersalur digunakan untuk pembangunan infrastruktur rabat jalan.

Kepala Desa Sobo “Sumardi” kepada awak media Sigap88 menuturkan “Untuk DD Tahap ke – 2 ini dana yang ada kami gunakan untuk rabat jalan di 7 titik yang berada di 6 wilayah RT”.

“Diantaranya RT 03 sepanjang 81 meter, RT 05 sepanjang 116 meter, RT 01 sepanjang 152 meter, RT 09 sepanjang 187 dan 204 meter, RT 12 sepanjang 116 meter dan RT 14 sepanjang 60 meter. Dengan anggaran sebesar Rp 388.000.000”, tutur Kepala Desa Sobo yang masih berusia muda tersebut seraya tersenyum.

Hal tersebut dibenarkan Partuji, ketua TPK Desa Sobo “Alkmdulilah mas untuk DD Tahap ke-2 ini sudah kami kerjakan, kami berharap masyarakat bisa menikmati , menggunakan dan tentunya bisa merawat jalan dengan baik”.

“Merawat jalan bisa diartikan juga dengan tidak membawa mobil yang bermuatan melebihi tonase, sehingga harapan kami jalan tidak mudah rusak”, tuturnya.

Sementara itu salah seorang warga Desa Sobo “Supatno” (55) mengatakan “Saya senang mas sekarang jalan sudah banyak yang bagus, dibawah kepemimpinan Kades sekarang pembangunan jalan dikerjakan dengan bagus dan menggunakan material yang bagus yang tentunya juga dengan penggunaan dana yang transparan”.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah Desa Sobo dan saya yakin dengan jalan yang bagus, roda perekonomian akan semakin lancar”, tandasnya. (jok)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE