Desa Rubaru Jadi Duta Lomba 10 Program Pokok PKK

se-Kabupaten Sumenep

183

Sumenep | Sumenep – Desa Rubaru Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menjadi perwakilan dari Kecamatan Rubaru dalam rangka lomba 10 Program Pokok PKK tingkat Kabupaten Sumenep Tahun 2020.

Penilaian tersebut terselenggara di pendopo Balai Desa Rubaru di hadiri oleh sekretaris PKK Kabupaten Diah Suryani Agus, ST beserta rombongan, ketua Tim penggerak PKK Kecamatan Rubaru Irmania Arief Susanto, Camat Rubaru Arief Susanto, Kapolsek Rubaru AKP Suparjiyo, Kepala Desa Rubaru Rudiyanto beserta Perangkat Desa dan semua anggota PKK.

Diah Suryani Agus, menyampaikan, Desa Rubaru merupakan sebuah desa Pioneer yang telah masuk 6 besar nominator dalam lomba 10 program pokok PKK tingkat Kabupaten Sumenep.

“Kami berharap prestasi yang dicapai ini bisa di ketuk tularkan kepada Desa yang lain, agar supaya Desa yang lain bisa mempunyai kesempatan pula untuk meningkatkan PKK di Desanya,” kata Suryani.

Diharapkan, dengan penilaian lapangan ini bisa menambah penilaian sehingga menjadi yang lebih baik lagi. “Dalam penilaian nominator ini kami akan memilih yang terbaik diantara enam Nominator yang baik,” terangnya.

Penilaian, kata Suryani, diambil dari profil laporan kegiatan Desa dan Kecamatan selanjutnya kita akan nilan kondisi lapangannya.

“Kami akan pastikan keadaan lapangan yang sudah dilaporkan sehingga akan menunjang penilaian,”ucapnya.

“Kami akan melakukan penilaian lapangan, profilnya, cara pemaparannya, inovasi programnya, administrasi harus ada SKnya, dan apakan sesuai dengan yang dipaparkan,” imbuhnya.

Disebutkan pula oleh Suryani yang masuk 6 nominasi dalam lomba 10 Program pokok PKK adalah Desa Rubaru, Pasongsongan, Ambunten, Dasuk, Ganding dan Kecamatan Kota.

Sementara, ketua Tim penggerak PKK Kecamatan Rubaru, Irmania Arief Susanto menyampaikan, bahwa, banyak potensi-potensi yang ada di desa Rubaru, diantatanya Budaya gotong royong dan pelayananah desa kepada masyarakat yang begitu cepat.

Selain itu produktifitas masyarakatnya yang tinggi, melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) banyak sekali hasil olahan dan industri yang di hasilkan masyarakat desa Rubaru.

“Salah satu unggulan UMKM diantaranya Budidaya pohon Tin, kerupuk rambak, rengginang dari ketan, dan Budi daya pohon kelor,” jelasnya.

Selain itu kata ketua Tim penggerak PKK Kecamatan Rubaru, PKK Desa Rubaru telah banyak menorehkan prestasi yang telah di capai seperti, juara 1 lomba administrasi tingkat kecamatan.

“Prestasi yang di capai oleh PKK desa Rubaru, juara 3 lomba cerdas cermat kader Posyandu tingkat Kabupaten Sumenep, juara 1 lomba cerdas cermat kader Posyandu tingkat Kecamatan, juara 1 lomba penyuluhan stunting tingkat Kabupaten,” terangnya.

Irmania berharap dengan kelengkapan administrasi dan keadaan di lapangan juga prestasi yang di capai PKK desa Rubaru bisa mendapat juara. ” Kami mohon sambungan doa kepada semua masyarakat desa Rubaru agar PKK desa Rubaru dapat prestasi yang terbaik,” pungkasnya. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE