Desa Pucang Laban Laksanakan Sedekah Bumi, Larung Sesaji dan Istighotsah

0
23

Tulungagung, SIGAP88 – Bertepatan dengan Bulan Muharram dan bersih Desa yang setiap Tahun rutin diadakan ini, Desa Pucang labang Kecamatan Pucang Laban kabupaten Tulungagung punya hajat.

Acara yang digelar di halaman parkir pintu masuk pantai Kedung Tumpang ini diadakan pada Tanggal 04-10-2018, hari Kamis mulai pukul 13.00 sampai selesai dengan tema “Sedekah Bumi dan Larung Sesaji” ini dibuka langsung oleh kepala Desa Tulus.

Tamu undangan yang hadir di lokasi acara yaitu Camat pucanglaban Agus, Kapolsek pucanglaban Bapak Trinuartiko, Danramil, BPD, LPM, Ormas, guru se~Pucanglaban dan masyarakat sekitar pantai kedung tumpang. Acara diisi dengan pemotongan tumpeng, larung sesaji, pengajian dan wayang kulit semalam suntuk.

Dalam sambutannya Kades pucanglaban mengatakan bahwa acara bersih Desa ini digelar selain sudah jadi tradisi atau adat dari nenek moyang terdahulu, juga ucap syukur terhadap Sang Pencipta dan alam sekitar yang sudah memberikan keberkahan serta limpahan rejeki selama setahun ini,sedangkan larung sesaji sendiri untuk menghormati sesama makhluk ciptaanNYa agar tidak ada bahaya dan musibah dimasa yang akan datang.

Disela-sela sambutannya Kades menambahkan bahwa sengaja acara ini digelar di pantai Kedung Tumpang untuk mengenalkan destinasi wisata agar lebih dikenal diluar wilayah Tulungagung dan menarik wisatawan berkunjung, serta jadi obyek wisata terbaik di Tulungagung.

“Lokasinya yang mudah dijangkau dan sangat strategis juga pantainya yang masih alami dan indah yang memanjakan mata”, pungkasnya.(DST)