Desa Dapinda Bimtek Prioritas Pembangunan DD TA 2021

74

Sumenep | Sigap88 – Pemerintah Desa Dapinda Kecamatan Batang batang Kabupaten Sumenep, Madura menggelar Bimbingan teknis prioritas penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2021 terselenggara di kantor pemerintahan desa Dapinda. Kamis (24/12).

Camat Batang batang Ir Joko Suwarno sebagai Narasumber menekankan kepada semua yang mengikuti Bimtek yang mayoritas di ikuti oleh perangkat desa menekankan tentang tugas pokok dan fungsi sebagai perangkat desa.

“Tugas Kepala desa sebagai kepala pemerintah desa yang memimpin penyelenggaraan pemerintah desa, Kepala DesaĀ bertugas menyelenggarakan PemerintahanĀ Desa, melaksanakan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat,” kata Joko Suwarno.

Di tegaskan oleh Ir Joko bahwa tugas dan fungsi Kepala desa, Sekdes dan perangkat desa telah tertuang dalam peraturan Menteri dalam Negeri (Permendagri) pasal 6 sampai pasal 10.

“Dalam pasal 6 sudah jelas bahwa tugas dan fungsi kepala desa adalah sebagai memimpin penyelenggaraan desa, sebagai penyelenggara pemerintah desa dan pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

Sedangkan, tugas Sekretaris desa membantu kepala desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, melaksanakan kebijakan pengelolaan APBĀ (Anggaran Pendapat Belanja) Desa, menyusun dan melaksanakan kebijakan pengelolaan barangĀ Desa, menyusun Rancangan APBĀ DesaĀ dan Rancangan Perubahan APBĀ Desa, menyusun Raperdes APBĀ Desa, perubahan APBĀ Desa, dan pertanggungjawaban APBĀ DesaĀ 

“Begitu pentingnya tugas Sekdes, sehingga dengan kemampuan Sekretaris desa akan meningkatkan dan Keberadaan Sekdes memegang peran yang sangat penting sebagai administrator APB Desa yang bertugas untuk penataan administrasi di desa,” terangnya.

Dijelaskan pula oleh Joko Suwarno tentang tugas perangkat desa, selain membantu tugas tugas kepala desa perangkat desa juga mempunyai tugas memantau kepala desa dalam bidang administrasi

“Perangkat desa keberadaannya di bawah kepala desa mempunyai tugas membantu kepala desa dalam bidang administrasi pemerintahan desa, memberikan masukan kepada kepala desa dalam rangka menetapkan kebijakan pemerintah desa dan tugas lainnya sesuai dengan peraturan perundang undangan,” ungkapnya.

Sehingga, dengan kordinasi yang baik dan menerapkan pola kinerja sesuai topoksinya akan menjadikan desa yang mapan dan mandiri.

“Kemajuan sebuah desa dikarenakan pelaksanaan kepemerintahannya sesuai dengan perundang undangan dan semua komponen yang di dalam selalu bekerja sama dalam meningkatkan kemajuan desa itu sendiri,” pungkasnya. (Roqi)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE