Dandim 0818 Hadiri Job Market Fair Yang Diadakan Disnaker Kab.Malang

0
511

Malang, sigap88-Komandan Kodim 0818 wilayah Kab.Malang dan Kota Batu Letkol Inf Ferry Muzawwad. SIP hadiri Job Market Fair (JMF) yang di gelar Disnaker Kab.Malang, Rabu 15/11/2017.

Untuk penyerapan tenaga kerja maka dibutuhkan pula lapangan pekerjaan yang cukup dan untuk mengurangi jumlah pengangguran, serta meningkatkan taraf sosial ekonomi para pencari kerja khususnya di Kabupaten Malang.

Oleh karena itu, dalam rangka hari jadi ke-1257 Kabupaten Malang,  Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang, menggelar Job Market Fair (JMF) 2017, di Aula stadion Kanjuruhan dan secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Malang Drs. H.M. Sanusi MM, pagi ini dengan tema “Menyongsong Masa Depan Lebih Baik”.

Dalam sambutannya Wabup menjelaskan bahwa momentum JMF merupakan salah satu upaya yang dilaksanakan dalam rangka memberikan kesempatan pekerjaan kepada masyarakat luas, “Khususnya untuk mengurangi jumlah pengangguran mengingat perkembangan ketenagakerjaan di Kabupaten Malang dari tahun ke tahun menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan,” ungkapnya.

Dikatakannya melalui pelaksanaan JMF, akan terjadi pertemuan langsung antara pencari kerja yang akan mendapatkan kesempatan bertemu langsung dengan perusahaan yang menyediakan lowongan kerja, sehingga dapat mencari informasi sedetail mungkin tentang perusahaan maupun pekerjaan yang tersedia.

“Pertemuan langsung dengan perusahan ini akan memperbesar usaha dari para pencari kerja untuk meningkatkan kemampuan dirinya saat proses seleksi kerja. Dari sini, manfaat tentu juga akan dinikmati perusahaan penyedia lowongan kerja yang akan memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan tenaga kerja yang lebih berkualitas,” terangnya.

Disampaikan Wabub, harapan Pemerintah Kabupaten Malang melalui pelaksanaan kegiatan JMF 2017 ini adalah adanya penyerapan tenaga kerja sebanyak mungkin. Adanya lowongan tenaga kerja, merupakan indikator adanya pertumbuhan di bidang ekonomi, sedangkan terserapnya tenaga kerja, adalah indikator semakin membaiknya kualitas tenaga kerja.

“Dua korelasi ini tidak dapat dipisahkan, oleh karena itu dalam kesempatan ini Pemerintah Kabupaten Malang berharap : Pertama, kepada perusahaan/pengusaha yang telah turut ambil bagian dalam event ini, bisa seleksi dan dapat memberikan kesempatan yang luas kepada para pencari kerja sesuai dengan kualifikasinya. Kedua, kepada para pencari kerja, agar berusaha semaksimal mungkin dalam mencari pekerjaan. Jika dalam momen ini mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, harus disyukuri dengan cara bekerja dengan sepenuh hati dan kemampuan, serta jika masih belum berhasil jangan berkecil hati dan tetap semangat,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang, Drs. Yoyok Wardoyo, MM menjelaskan bahwa tujuan diselenggarakan JMF 2017 yang akan dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 15-16 November 2017 di Aula stadion Kanjuruhan.

“Job Market Fair 2017 dilaksanakan dengan maksud adanya keterbukaan setiap perusahaan dalam rekruitmen pegawai atau karyawan, adanya penyerapan tenaga kerja sebanyak mungkin sehingga kesejahteraan diri sendiri dan masyarakat dapat terjamin serta pengurangan angka kemiskinan. Diperkirakan mencapai kurang lebih 4000 orang dengan penyedia lowongan kerja sejumlah 60 perusahaan swasta dan BUMN serta tersedia lowongan kurang lebih sebanyak 1500,” ulasnya.

Dijelaskan bahwa selain memberikan kesempatan kepada para pencari kerja sebanyak-banyaknya, pihaknya juga menggandeng perusahaan swasta untuk memberikan kesempatan bekerja kepada penyandang difabel.

“JFM adalah agenda tahunan yang di selenggarakan Pemkab Malang melalui Disnaker Kabupaten Malang bekerjasama dengan perusahan-perusahan baik swasta maupun BUMN yang bertujuan untuk memberikan kesempatan para pencari kerja. Selain itu kita juga bekerjasama dengan PT. Telkom untuk bisa memberikan kesempatan bekerja kepada penyandang difabel yang mempunyai keahlian khusus agar bisa bekerja di perusahan tersebut,” jelasnya.

Turut hadir dalam pembukaan acara JMF 2017 Kepala BNN Kab. Malang, Kepala satuan TNI dan POLRI, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Malang, Pimpinan Bank Jatim Malang, Pimpinan Perusahaan, Organisasi Masyarakat dan Aspataki (Asosiasi Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia.

Pada acara tersebut, Koramil Pakisaji melalui Bintara Teritorial bekerjasama dengan Disnaker Kab. Malang dan Gabungan Pengusaha Rokok Malang memberikan bantuan, 3 buah kursi roda beserta paket sembako kepada masyarakat yang mengalami ketidakberuntungan yang di serahkan oleh Wabup. Hal ini sebagai penyemangat dan motivasi bagi mereka agar lebih berprestasi. Sejumlah uang tunai juga diberikan oleh beberapa donatur yang hadir dalam acara tersebut.(Thur/Dar)

Komentar
Content Protection by DMCA.com