Bupati Sumenep: Sebagai Muzakki Tidak Boleh Menerima Zakat

176

Sumenep | Sigap88 – Bupati Sumenep Dr KH. A Busyro Karim, M.Si menyerahkan Zakat Fitrah 1441H. Hasil dari pengmpulan dana dari ASN dilingkungan Pemerintahann Kabupaten Sumenep Tahun 2020. Selas Mei 2020.

Dari hasil laporan Kepala Dinas Sosial Sumenep Muhamad Iksan, S.Pd, bahwa hasil pengumpulan dana dari ASN sebesar Rp 91.400.000 yang dibelanjakan beras sekitar 2611 paket dengan berat @ 3 kg beras setiap paketnya.

“Hari ini akan dilaksanakan penyerahan secara simbolis kepada beberapa penyalur zakat fitrah di Kabupaten Sumenep yang akan di teruskan kepada semua yang berhak mendapatkan zakat,” kata Iksan.

Tujuan penyaluran zakat ini kata Iksan, untuk saling menumbuhkan rasa berbagi kepada semua warga yang layak menerima zakat dan yang terdampak Covid-19 menjelang Idilfitri 1441 h.

“Ada 6 Kecamatan di Kabupaten Sumenep yang juga melaksanakan penyerahan Zakat Fitrah dan selebihnya Kecamatan yang lain akan melaporkan selanjutnya,” ungkap iksan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati A. Busyro Karim menyampaikan, ditengah virus Corona kita tetap diharuskan mengeluarkan Zakat, dari sebagian harta yang kita punyai.

“Kita mempunyai kewajiban memgeluarkan zakat fitrah dari harta kita yang di punyai,” jelas Bupati.

Dijelaskan pula oleh Bupati Busyro, dalam penyaluran zakat kita harus benar benar selektif untuk memberikan. “Zakat ini harus diberikan kepada orang yang benar benar layak untuk menerima, dan apabila dia sebagai Muzakki tidak boleh menerima Zakat,” tegas Busyro.

Bahkan semua pernyalur harus memberikan sosialisasi kepada semua masyarakat terutama penerima zakat agar selalu menjaga kondisi jangan sampai tertular virus Corona. “Sekalian memberikan penyuluhan kepada penerima zakat agar selalu mematuhi intruksi pemerintah dan protokol Covid-19 agar Sumenep segera terbebas dari Corona,” pungkasnya.

Penyalur yang ditunjuk penerima Zakat Fitrah diantaranya, yayasan Sosial Amanah Ummah, Masjid An-Nawawi, Musholla Miftahul Jannah,

Kegiatan penyerahan Zakat Fitrah yang berlangsung di aula Kantor Dinas Sosial Sumenep dihadiri oleh, Bupati Sumenep Dr KH. A Busyro Karim, M.Si, Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi, SH, Sekdakab Sumenep, Edy Rasiyadi, M. Si, Kepala Dinas Sosial Sumenep Mohamad Iksan, S.Pd, dan segenap penyalur penerima Zakat Fitrah. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE