Bupati Sumenep : Oknum ASN Mencuri Sepeda Angin, Akan Disanksi Tegas

862

Sumenep | Sigap88 – Bupati Sumenep Dr KH. A Busyro Karim, M.Si angkat bicara terkait dengan kasus yang menimpa salah satu staf di Dinas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Sumenep Agus Sudono (42).

Agus Sudono ketahuan mencuri sebuah sepeda angin (pancal-red) jenis Polygon milik salah satu warga Pamolokan pada hari Sabtu 9 Februari 2020 dan sedang menjalani proses hukum di Mapolres Sumenep.

Hal itu Bupati Sumenep KH. Busyro karim menjelaskan, apabila salah satu ASN melanggar hukum dipastikan akan mendapatkan sanksi hukum.

“Biarkan proses hukum berjalan sesuai aturan yang berlaku, dan kami pastikan akan diberlakukan pemberhentian sementara,” jelasnya. Selasa (11/2/2020).

Sementara, Kepala Inspektorat Sumenep, Titik Suryati menyampaikan, apabila ASN kesandung kasus, yang menentukan langkah akhir adalah BKPSDM (Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia) sedangkan di kami hanya memproses tentang indisiplinernya saja.

“Sesuai prosedur Inspektorat hanya memproses indisipliner saja sedangkan, penentu sangsi terhadap ASN tersebut wewenangnya BKSDM,” terangnya.

Bahkan, mantan Kepala Dinas BKSDM Sumenep ini menjelaskan, apabila perbuatan ASN tersebut masuk katagori tindak pidana, kemungkinan akan dilakukan pemberhentian sementara.

“Terkait dengan indisipliner, kami akan melakukan rapat terlebih dahulu dengan tim untuk menentukan sanksi yang akan di jatuhkan kepadanya apakah ringan atau berat,” jelasnya.

Kemudian hasil dari tim tersebut diajukan kepada Bupati, dan selanjutnya Bupati merekomendasikan kepada BKSDM apakah perlu di tindak lanjuti apa tidak.

“pemberhentian sementara bisa dilakukan, apabila yang bersangkutan tersandung pidana dan dilakukan penahanan maka Pimpinan OPDnya harus melapor ke kami,” ucapnya.

Namun dalam permasalahan ini kata Titik Suryati apabila prosesnya belum ingkrah pihak inspektorat tidak bisa memberikan sanksi. “Apabila proses hukumnya belum mempunyai kekuatan hukum tetap (inkrah) kami belum bisa memberikan sanksi,” tegasnya. (Koes)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE