Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Ditangkap KPK

6226

Surabaya | SIGAP88 – Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah dan beberapa pejabat serta pegawai pemerintah kabupaten (Pemkab) Sidoarjo ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pasca ditangkap di Sidoarjo pada Selasa (7/1/2020) malam, mereka dibawa penyidik KPK ke gedung Subdit Tindak Pidana Korupsi, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jatim, untuk diperiksa.

Setelah menjalani pemeriksaan lebih dari 6 jam, pada Rabu (8/1/2020), Bupati Saiful Ilah bersama pegawai Pemkab Sidoarjo dikawal penyidik KPK naik bus polisi menuju ke Bandara Juanda, untuk dibawa ke gedung KPK di Jakarta.

Saat digelandang menuju bus polisi, Bupati Sidoarjo dua periode ini mengaku sehat.

“Sehat, nggak ada apa-apa,” kata Bupati Saiful Ilah.

Sementara, dari informasi yang didapat media ini menyebutkan, bahwa Saiful Ilah tercatat memiliki kekayaan senilai lebih dari Rp 60 miliar. Ketua PKB Sidoarjo itu ditangkap KPK, kemarin Selasa, 7 Januari 2020 dalam operasi tangkap tangan (OTT).

Saiful Ilah diduga terlibat suap dalam proyek pengadaan barang dan jasa.

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, awalnya enggan membenarkan bahwa KPK mengamankan Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah. Namun, dibenarkan oleh Ketua KPK Firli Bahuri.

“Benar (kepala daerah yang di-OTT Bupati Sidoarjo),” ucap Firli. Dia menjawab pertanyaan apakah benar Bupati Sidoarjo Saiful Ilah yang di-OTT KPK.

“KPK telah mengamankan seorang kepala daerah dan beberapa pihak lainnya di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, terkait pengadaan barang dan jasa,” ujar Ketua KPK Firli Bahuri dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 7 Januari 2020.(Han/red)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE