Bupati Bangga: Perpusdes GGM Raih Juara 1 Tingkat Nasional

32

Malang,Sigap88 -Paradigma keengganan untuk membaca buku masih banyak terlihat di masyarakat Pedesaan.

Hal ini disebabkan karena minimnya bahkan tidak adanya fasilitas yang disediakan, sehingga masyarakat Desa tidak mengerti betapa pentingnya keharusan untuk membaca.

Berangkat dari semua itu, Pemerintah Desa Gampingan bersama Pemerintah Kecamatan Pagak merubah paradigma berpikir mengenai ketidakberdayaan masyarakat di pedesaan tersebut.

Dengan demikian, geliat dan kesadaran pentingnya membaca bagi masyarakat Desa Gampingan sudah mulai terlihat.

Dukungan demi dukungan terus diperlihatkan Pemerintah Desa Gampingan walau banyak kendala saat mulai mendirikan perpustakaan Desa yang diberi nama Gampingan Gemar Membaca (GGM).

Kendala dalam bentuk tantangan dalam menghidupkan gemar membaca di Desa Gampingan lambat laun, dengan usaha dan upaya Pemerintah Desa kini teratasi.

Bupati Malang Dr.H Rendra Kresna, Rabu (12/9) mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Malang, dirinya sangat bangga, karena Perpusdes GGM telah mengikuti lomba Perpusdes dengan berbagai tahap, baik tingkat Kabupaten hingga Provinsi.

“Perpusdes GGM, menjadi perwakilan Provinsi Jawa Timur (Jatim) di tingkat Nasional dalam Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Nasional Tahun 2018 dan berhasil meraih juara satu (1) dan penghargaan itu, diumumkan di Hotel Orchardz Industri Jakarta belum lama ini, ungkap Rendra .

Juara I Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan terbaik tingkat Nasional yang diraih Perpustakaan GGM ini kata Rendra, bukanlah pekerjaan mudah seperti membalikkan telapak tangan, karena persepsi khalayak umum mengenai perpustakaan masih terbilang tidak tepat apalagi berada di tingkat Desa.

Namun, pihak Pemerintah Desa Gampingan terus gigih melakukan berbagai inovasi untuk mendukung terus tumbuhnya perpustakaan di tingkat Desa Gampingan dan ini adalah kebanggan bagi kita semua, ucap Rendra.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Gampingan Hj.Ila Husna, melalui telepon selulernya membenarkan hal ini.

Dikatakannya, pada saat perlombaan di tingkat Nasional, Perpusdes GGM harus bersaing ketat dengan berbagai Desa dan kelurahan di cluster yang diikutinya.

Selain itu, para pesaingnya merupakan Daerah-yang sudah terkenal dalam dunia literasinya antara lain, perwakilan dari Jawa Tengah (Jateng), Jogjakarta, Jawa Barat (Jabar), Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Kalimantan Selatan (Kalsel).

Namun, perpustakaan Desa Gampingan sebagai perwakilan Jawa Timur, mampu melewatinya, dengan berbagai koleksi maupun inovasi dan kreatifitas yang dimiliki, sehingga akhirnya Perpusdes GGM keluar sebagai juara, tutupnya.(Ral)

Jika ada pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan silahkan menggunakan Hak Koreksi & Hak Jawab Via Email : redaksi@sigap88.com atau WA 0838 3025 3823 dan Telp 081 249 484 666 Sesuai UU No. 40/1999 Pasal 5 Tentang PERS
Content Protection by DMCA.com