BPD dan Pemdes Totosan Gelar RKP Desa Tahun Anggaran 2021

131

Sumenep | Sigap88 – Dalam rangka pembahasan rencana kerja Desa Totosan Kecamatan Batang batang Kabupaten Sumenep, Madura, BPD Totosan menggelar Musyawarah Desa RKP Desa yang terselenggara di pendopo balai Desa Totosan. Selasa (1/9/2020).

Hadir dalam Musyawarah Desa Totosan Camat Batang batang Ir Joko Suwarno beserta staf, Kapolsek Batang batang, Koramil Batang batang, Kepala Desa Totosan Moribut, SE beserta perangkat Desa, tokoh masyarakat, Agama dan Pemuda.

Ketua BPD Kusnadi menyampaikan, musyawarah Desa ini merupakan pembahasan rencana kerja pemerintah Desa dalam rangka perencanaan pembangunan Desa Totosan tahun anggaran 2021

“Untuk meningkatkan pembangunan diDesa Totosan di perlukan perencanaan kerja tahun anggaran 2021, sehingga perencanaan kegiatan Pemerintah Desa berjalan dengan baik, ” kata Kusnadi.

Kusnadi berharap, setiap dusun dan yang lainnya mengusulkan yang dianggap skala prioritas.” Dasar pengusulan harus melalui tingkat paling bawah (RT), yang dianggap skala priiritas, “jelasnya.

Namun, kata Kusnadi kita harus melihat kekuatan dana yang di miliki oleh Desa melalui DD/ADD.

Camat Batang batang dalam kesempatan tersebut mengatakan, RKP Desa adalah penjabaran dari RPJM Desa untuk jangka waktu 1 (satu) tahun. Dokumen RKP Desa menjadi dasar penyusunan dokumen penganggaran desa, yakni APBDes

Selanjutnya, draf perdes yang nantinya akan di undang undangkan bersama Kepala Desa dan BPD. “draf pembuatan RKP Desa paling lambat pada bulan September 2020 harus selesai,” kata Camat Joko.

“paling lambat tanggal 31 Oktober RAPBDes 2021 harus sudah selesai dan siap siap untuk di undang undangkan. Dan paling lambat tanggal 31 Desember sudah di sah kan oleh Kepala Desa bersama BPD, ” terangnya.

Sementara Kepala Desa Totosan Moribut, dikesempatan tersebut menyampaikan pertanggung jawaban realisasi DD/Add tahap pertama sudah mencapai 40%.

“Sampai saat ini pembangunan fisik telah kami laksanakan sebesar 40%, tahun anggaran 2020 terdiri dari pengaspalan, ” jelasnya.

Disampaikan pula, bahwa anggaran DD dikarenakan ada Covid-19 maka dipotong untuk di alokasikan ke BLT-DD “ada beberapa dana yang seharusnya diperuntukkan kepada pembangunan harus terpotong untuk BLT-DD,” ucapnya.

Musdes RKP Desa tahun anggaran 2021Deaa Titosan menghasilkan pembangunan Infrastruktur, Pemberdayaan dan Pendidikan. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE