BKPH Kangean Barat Gelar Sosialisasi Kehutanan Sosial Kepada Masyarakat

254

Sumenep | Sigap88 – Perum Perhutani Divisi Regional Jawa timur Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Madura, menggelar sosialisasi yang bertajuk Implementasi Perhutanan sosial Dalam Wilayah Perum Perhutanan Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Kangean Barat, Kepulauan Kangean, Kabupaten Sumenep, Madura.

Asper Kangean barat Marinus menyampaikan sosialisasi Perhutanan sosial ini akan memberikan imput kepada masyarakat tentang pengelolaan hutan.

“Sosialisasi dan Pemahaman tentang Perhutanan sosial mempunyai tujuan selain untuk tetap melestarikan hutan juga untuk kesejahteraan masyarakat di lingkungan hutan,” kata Marinus. Selasa (14/7/2020).

Maka, program Perhutanan sosial akan dikelola oleh masyarakat sekitar hutan dengan kapasitas sudah mempunyai kekuatan hukum tetap yang ditetapkan oleh kementerian Kehutanan yang di sebut Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

Sebenarnya di Perhutani, menurut Marinus program kemitraan sudah lama ada namun saat ini lebih dikuatkan dengan hadirnya Pemerintah dalam Program Perhutanan sosial sesuai Permen LHK baik Nomer P. 83 ataupun P. 39.

“Antusias LMDH diwilayah Perhutani Kangean barat sangat luar bias untuk itu, saya sebagai petugas Perhutani sangat mendukung dengan adanya program Pemerintah,” paparnya.

Sebagai bukti keseriusan tersebut pihaknya mendatangkan Pokja PS dari propensi Jatim yang tujuannya untuk memberikan pemahaman yang benar supaya program Pemerintah berjalan sesuai peraturan yang ada karena tujuannya adalah bagaimana hutan lestari masyarakat sejahtera.

Dijelaskan pula oleh Waka ADM KWH Madura Damiwanto , sosialisasi ini bertujuan untuk memantapkan pengetahuan tentang Program Kehutanan sosial yang merupakan suatu bentuk kerjasama antara pihak Perhutani dengan LMDH .

“Sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh Kementerian LHK pengelolaan lahan hutan oleh LMDH selama kurun waktu 35 tahun dan pembagian hasilnya sudah jelas bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sesuai dengan kesepakatan bersama oleh kedua belah pihak,” terangnya.

Sementara, perwakilan Dinas Perhutanan Provinsi Jawa timur Sirajuddin mengapresiasi terhadap masyarakat Kepulauan Kangean yang begitu antusias mengikuti sosialisasi Perhutanan Sosial yang terselenggara di kantor BKPH Kangean barat.

“Ini menunjukkan masyarakat kepulauan Kangean benar-benar merespon positif tentang kerja sama yang akan dilakukan”, jelasnya.

Disampaikan pula oleh Sirajuddin, hal ini diperlukan peran serta Pemerintah Daerah, mengingat hutan di kepulauan Kangean merupakan penyumbang terbesar hasil hutan se Madura.

“Kami berharap sosialisasi ini bisa membuahkan hasil yang maksimal dalam rangka kerjasama antara Perhutani dan LMDH menuju kesejahteraan bersama,” harapnya.

Hadir dalam sosialisasi tersebut dengan narasumber dari Dishut Provinsi jatim, Pokja PS Jatim dan Wakil Adm Perhutani KSKPH Madura Asper Kangean barat dan segenap masyarakt yang tergabung dalam LMDH Kangean. (Koes)

Editor : Tim SIGAP88
sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE