Bina Desa Putaran Ke-3, Dinas PU SDA Lakukan Berbagai Kegiatan

0
60

Malang,Sigap88 – Seperti biasanya,  agenda rutin Pemerintah Kabupaten Malang yakni Bhakti Sosial Menata Desa (Bina Desa) pada 2018 kini memasuki putaran ke-3.

Bina Desa yang berlangsung selama dua hari, Rabu-Kamis (11-12/4) kali ini bertempat di Desa Tumpakrejo Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang.

Dalam Bina Desa tersebut, Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Kabupaten Malang juga ikut serta pada kegiatan yang sudah menjadi agenda prioritas Pemkab Malang.

Berbagai kegiatan yang dilakukan di antaranya, pemasangan pintu air di saluran irigasi untuk memperlancar pembagian air irigasi dan bedah rumah.

Selain itu, Dinas PU SDA juga melakukan kegiatan susuk wangan saluran sekunder dengan tujuan memperlancar saluran yang mengairi sawah di Desa tersebut.

Kepala Dinas PU SDA, Ir. Moch Anwar mengatakan, keberadaan saluran irigasi di jalur perairan sawah merupakan suatu hal yang sangat vital untuk meningkatkan swasembada pertanian.

Karena kata dia, Sebagian besar wilayah Kabupaten Malang diliputi oleh area pertanian, untuk itu kebutuhan air sangat di utamakan khususnya di jalur persawahan agar bisa menunjang swasembada pangan.

Ditambahkannya, langkah untuk melaksanakan normalisasi saluran irigasi tersebut yakni, pemasangan pintu air di setiap titik saluran air yang berada di area persawahan dan rehabilitasi.

“Untuk saat ini, tidak sedikit kondisi pintu air yang fisiknya memprihatinkan dan kondisi tersebut sangat berpengaruh untuk kelancaran aliran saluran irigasi,” jelas Anwar.

“jadi kami terus terjunkan tim untuk memantau dan langsung mengganti semua pintu air yang sudah tidak berfungsi agar debit air bisa di atur dan lancar, seperti yang kami lakukan di Desa Tumpakrejo kali ini,” tandas mantan Kadis PU Bina Marga itu.(Ral)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE