Benarkah Ada Korupsi Dinas Pendidikan Kota Malang..?

394

Malang, Sigap88- pagi itu tim dari sigap88 dan 2Lsm bergerak dari Malang menuju Trenggalek. Bukan lantaran pingin tahu hasil pembangunan Emil Dardak selama memimpin Trenggalek. Namun guna memuaskan rasa ingin tahu atas kecurigaan pemenang tender di Diknas Kota Malang. “ada beberapa nama CV dan PT yang kerap beredar dan menang di wilayah Malang Raya berasal dari Trenggalek, ini cukup mencurigakan sedangkan di Trenggalek sendiri tidak pernah ikut tender ataupun menang,” ujar informan Sigap88 yang enggan namanya dikorankan, Rabu (30/5).

Dugaan Alamat pemenang tender proyek Belanja Modal Pengadaan/Pembelian Gedung Kantor SDN Madyopuro dari dinas pendidikan  yang berlokasi di Kota Malang tersebut muncul tatkala jurnalis Sigap88 di Trenggalek kesulitan menemukan alamat PT tersebut.

Tim Sigap88.com pun memutuskan berangkat  dengan menggandeng 2 LSM.

Tak sia-sia, investigasi pada hari Kamis 31/05/2018 bertandang ke lokasi yang tertera dalam pemenang tender, nama perusahaan tersebut tidak ada.

Padahal, lpse Kota Malang disebutkan bahwa PT. BUMI LINDUNG Alamat JL. RAYA DURENAN TRENGGALEK NO 21 RT/RW : 03/01 – Terenggalek (Kab.) – Jawa Timur, di ruas jalan sepanjang kurang lebih 15Km tersebut melewati beberapa wilayah desa, namun sayangnya tidak ditemukan alamat tersebut.”kalo Rw01 sepertinya tidak ada,disini RW11 dan bukan desa Durenan,” kata Farida, perempuan cantik pemilik salon tempat kami bertanya.

Setelah Tracking GPS yang kami gunakan berhenti dititik tersebut.

Dugaan penyimpangan semakin kuat saat tim mendatangi kepala desa Durenan yang bertempat dijalan raya Durenan namun saat didatangi tim pencari fakta kades yang mengenyam pendidikan di universitas Merdeka Malang tidak  berada dikantor.saat dihubungi via telepon,kades mempersilahkan datang kerumahnya yang jaraknya 1KM dari kantor Desa.

Imam Syafe’i Saat ditanya tentang alamat yang tertera pemenang tender justru kaget ” Saya Sebagai kepala desa Durenan membenarkan kalau jalan ini namanya memang benar jalan Durenan tapi kalau Alamat RT 03 RW 01 baru kali ini saya melihat dan mendengar dari mas mas ini.setahu saya dari dulu sampai sekarang nggak ada RT/RW yang tertera di berkas mas mas”terangnya.

Pria yang memiliki jambang tipis itu juga memberitahu kalau didesanya hanya ada 2 kontraktor CV bukan PT yang sudah ada dan berijin,untuk PT Bumi Lindung tidak ada sama sekali dan berulang ulang menyebutkan alamat RTdan RW tidak ada diwilayah saya.”tuturnya.

Imam Syafei, juga sedikit memberikan informasi ” banyak orang dinas yang mencari alamat PT Bumi Lindung namun tidak ketemu,bahkan pegawai pajak pun juga pernah mendatangi saya menanyakan lokasi alamat tersebut,ya saya jelaskan di wilayah saya nggak ada RT 03/RW 01 dan belum dibentuk,”saat didatangi petugas pajak beberapa waktu yang lalu.pegawai dinas pun juga ada yang mencari dari Banyuwangi seingat saya.”tuturnya

Ditempat berbeda masih diwilayah jalan raya Durenan,salah satu wilayah teritorial desa Durenan, ketua RT 03 RW 2 juga menyebutkan kalau alamat jalan Durenan benar,tapi RT dan RW nya tidak ada selama saya disini dan itu alamat bohong,”terang pria paruh baya yang tak mau disebutkan namanya.

tim investigasi meminta Keterangan kepada kepala desa Imam Syafe’i tentang alamat RT serta RW  yang tidak terdaftar di Teritorial Desa Durenan,kab.Trenggalek Jawa Timur

Jika benar adanya dugaan penyimpangan dalam proses lelang, maka secara materi negara dirugikan dari faktor pajak,dan yang paling berbahaya kualitas pekerjaan di pertanyakan,jika tidak sesuai spesifikasi akan berdampak buruk pada dunia pendidikan kota malang yang memakan anggaran sekitar Harga Penawaran Rp 4.376.552.000,00 dari Nilai Pagu Rp 5.318.595.730,00 dan harga perkiraan sementara HPS Rp 5.195.905.850,00.berikut nama lelang pemenang tender yang diduga merugikan negara dari dinas Pendidikan Kota Malang.

Nama Lelang: Belanja Modal Pengadaan Konstruksi/Pembelian Gedung Kantor SDN Madyopuro 2KategoriPekerjaan KonstruksiInstansiPemerintah Daerah Kota MalangSatuan Kerja DINAS PENDIDIKAN
Pagu Rp 5.318.595.730,00
HPS Rp 5.195.905.850,00
Nama Pemenang :PT. BUMI LINDUNG
Alamat JL. RAYA DURENAN TRENGGALEK NO 21 RT/RW : 03/01 – Terenggalek (Kab.) – Jawa Timur
NPWP21.067.858.7-629.000
Harga Penawaran Rp 4.376.552.000,00

Alat petunjuk berupa data di lapangan akan kami siapkan untuk bahan laporan LSM guna melaporkan dimulai ke Unit Tipikor Polres Makota sampai kejari mulai tingkat daerah sampai tingkat pusat di Jakarta dan laporan akan juga dilayangkan ke KPK,karena PT bumi Lindung juga menang tander di beberapa wilayah di Jawa timur,dan semua akan kita laporkan mulai dari PT dan dinas terkait yang pernah memenangkan tander ,kasus PT Bumi Lindung diduga Sering bermain tander diwilayah Jawa timur dengan menghalalkan segala cara,PT yang memiliki NPWP 21.067.858.7-629.000.

sementara,Bu Zubaidah kepala dinas pendidikan saat dihubungi lewat pesan Whaatsaap hanya bertanda centang biru yang berarti hanya dibaca saja dan tidak menjawab permohonan ijin tim Sigap88 untuk publikasi tentang pengadaan barang dan jasa.(Rud).

Jika ada pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan silahkan menggunakan Hak Koreksi & Hak Jawab Via Email : redaksi@sigap88.com atau WA 0838 3025 3823 dan Telp 081 249 484 666 Sesuai UU No. 40/1999 Pasal 5 Tentang PERS
Content Protection by DMCA.com