Bea Cukai Madura Musnahkan 6,2 Juta Batang Rokok Illegal

192

Pamekasan | Sigap88 – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Madura melakukan ” Siaran Pers terkait Pemusnahan 6,8 juta batang Rokok Ilegal” yang dilaksanakan di aula media center Bea Cukai sekira pukul 10.30 WIB pada Rabu (05/02/2020).

Pemusnahan Rokok Ilegal yang berjumlah 6,2 juta batang tersebut dilakukan pemusnahan secara simbolis, disaksukan oleh perwakilan dari instansi pemerintah baik dari TNI/Polri, Kejaksaan, Pengadilan, Pemda di wilayah Madura.

Rokok Ilegal tersebut merupakan hasil dari operasi di wilayah Madura sejak 20 Desember 2018 sampai dengan 2019 pada 27 November.

“Peredaran rokok ilegal itu telah dianggap merugikan Negara senilai Rp 3,1 Milyar,” kata Kepala Kantor Bea dan Cukai Madura Yanuar Calluandra.

Yanuar menjelaskan, Pemusnahan dengan cara dibakar pada rokok ilegal itu secara simbolis yang dilakukam dilantai atas Kantor Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Madura . Sedangkan untuk pemusnahan keseluruhan rokok ilegal itu akan dilakukan di Tempat Pembuangan Akhir sampah (TPS) di wilayah Kabupaten Sumenep.

Rokok ilegal merupakan barang yang sudah ditetapkan sebagai Barang Milik Negara (BMN) yang selanjutnya dari 6.228.884 batang rokok ilegal dimusnahkan berdasarkan surat Direktur Kekayaan Negara dan Informasi, Nomor S-7/MK.6/KN.5/2020 tanggal 7 perihal persetujuan pemusnahan BMN.

“Pencapaian ini karena sinergi Bea Cukai Madura dengan aparat penegak hukum dan para pemangku kepentingan dalam penekanan angka peredaran rokok ilegal hingga capai 3 persen,” ucap Yanuar.

Selain itu juga sinergitas Pemerintah di empat wilayah Kabupaten di Madura yang diharapkan nantinya mampu menekan peredaran rokok ilegal dengan cara mengedukasi kalayak masyarakat. “Tujuannya untuk menyelaraskan pada tujuan Pemerintah dengan memberikan pangsa pasar terhadap produsen yang legal,” pungkasnya. (Hen).

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE