Bawaslu Sumenep Ajak Wartawan Ikut Awasi Jalannya Pemilu

17

Sumenep | Sigap88 – Badan Pengawas Pemilihan Kabupaten Sumenep menggelar Forum Warga “Peran serta Masyarakat Milenial Dalam Pengawasan Partisipatif pada pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Sumenep tahun 2020 berlangsung di Kantor Asosiasi Media Online Sumenep (AMOS). Minggu (6/12).

Hadir dalam pelaksanaan Forum tersebut komisioner Bawaslu, Iman Syafi’i, MH divisi Hukum dan Informasi, dan Abdur Rahem, S.Pd.I divisi pengawasan Humas dan hubal, wartawan yang tergabung di Amos dan warga.

Komisioner Bawaslu Imam Syafi’i berharap kepada awak media ikut serta dalam pengawasan pemilihan Bupati dan wakil Bupati yang akan terlaksana pada hari Rabu 9 Desember 2020.

Sebagai divisi hukum dan informasi dirinya menganggap bahwa teman teman jurnalis mempunyai kemampuan untuk ikut serta dalam pengawasan untuk menggali informasi yang benar benar akurat mengenai dugaan pelanggaran pemilu yang akan berlangsung.

“Keterlibatan Jurnalis dalam memonitor perkembangan di lapangan adalah suatu langkah meminimalisir pelanggaran yang akan terjadi,” ucap Imam.

Bahkan, seorang wartawan bukan hanya mampu memonitoring pelaksanaan pemilu, akan tetapi dirinya mampu memberikan edukasi kepada masyarakat. “Wartawan bisa memberikan pendidikan politik yang baik dan santun kepada masyarakat sehingga pemilu ini bisa bermartabat,” terangnya.

“Dengan memberikan pendidikan politik yang baik maka diharapkan pemilihan Bupati dan wakil Bupati tahun 2020 ini tidak terjadi politik uang dan semacamnya,” jelasnya.

sementara itu Abdur Rahem sebagai divisi pengawasan, Humas dan Hubal menyampaikan pula, dalam kondisi Pilkada masih berada pada masa Pandemi Covid-19 maka diharapkan masyarakat harus benar benar mematuhi protokol kesehata.

“Peran wartawan sangat besar, dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang informasi mematuhi protokol kesehatan saat pelaksanaan pencoblosan di TPS,” ungkap Rahem sapaan akrabnya.

Dirinya sangat berharap pelaksanaan pilkada Sumenep saat ini bisa berjalan dengan baik, sukses dan aman. “Maka dari itu kami berharap kepada teman teman wartawan aktif dalam pelaksanaan pengawasan sehingga pilkada tahun ini menjadi Pilkada yang bermartabat,” harapnya.

“Dengan peran serta wartawan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan, tidak akan terjadi klasteri baru Covid-19,” tandasnya. (Koes)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE