Babinsa Desa Kerta Barat Dampingi Panen Jagung Manis

0
120

Sumenep sigap88- Jagung manis (Zea mays saccharata) adalah tanaman jagung yang sering dikonsumsi sebagai sayur atau jagung bakar. Selain itu tren gula rendah kalori belakangan ini membuat pamor gula dari jagung manis perlahan-lahan meningkat.

Hal ini membuat nilai jual jagung manis di pasaran cukup tinggi, dan permintaan jagung manis begitu banyak di pasaran.

Sehingga Fauzan warga desa Kerta Barat kecamatan Dasuk kabupaten Sumenep, Jawa timur melakukan budidaya jagung Manis.

Fauzan menyampaikan Budidaya jangung manis sangat menguntungkan, namun untuk budidaya jagung manis gampang-gampang susah.

“Budidaya jagung manis gampang gampang susah, sebab jagung jenis ini lebih rentan terhadap serangan hama dan penyakit dibanding jagung biasa”, jelas Fauzan.

Selain itu Babinsa Sertu Wahyono mengatakan, budidaya jagung manis sangat membutuhkan perawatan yang sangat intensif untuk menghasilkan panen yang baik.

Seperti panen raya kelompok tani (Poktan) “MEKAR SARI” yang salah satu anggotanya Fauzan dibantu oleh Babinsa koramil 0827/12 Dasuk, di dusun Tajjan desa Kerta Barat kecamatan setempat pada hari Senin (06/08).

“Saya sangat senang karena panen kali ini hasilnya sangat baik sehingga bisa dipergunakan untuk menutupi kebutuhan hidup sehari-hari serta bisa untuk biaya sekolah anak, hasil yang bagus ini tidak lepas dari pendampingan yang diberikan oleh Babinsa Desa Kerta Barat Koramil 0827/12 Dasuk dan PPL setempat,” kata Fauzan.

Sedikit dijelaskan oleh Sertu Wahyono dalam hal penanaman jagung manis pertama-tama siapkan lahan dengan cara dicangkul atau dibajak. Selanjunya buatlah bedengan dengan lebar 1 m dan tinggi 20-30 cm dengan jarak antara bedengan 30 cm.

“Dalam satu bedengan lahan terdapat dua larikan tanam, berikan pupuk dasar dari kotoran ayam dan kotoran sapi/kambing dengan komposisi 1:1 sebarkan merata pada seluruh lahan tanam. Kebutuhan pupuk dasar ini sekitar 5 ton/hektar,” jelas Babinsa.

Penanaman jagung manis dilakukan dengan cara ditugal. Pertama-tama buatlah lubang tanam sedalam 2-3 cm pada lahan tanam. Beri jarak antara lubang tanam 60-75 cm. Masukan 2 butir benih jagung manis kedalamnya, lalu tutup dengan tanah. Siram agar kelembaban tanah terjaga dan bibit bisa cepat tumbuh, tutur Babinsa.Wahyono. (Koes)

Komentar
Content Protection by DMCA.com