Atas Laporan Warga, Inspektorat Akan Audit Khusus Desa Kerukunan Aceh Tenggara

0
9465

Kutacane, SIGAP88 – Pihak Inspektorat Aceh tenggara dalam waktu dekat ini akan audit khusus desa kerukunan kecamatan bukit tusam kabupaten Aceh tenggara.

Warga desa kerukunan melaporkan Rasidin Selaku Kepala desa kerukunan ke pihak Inspektorat atas dugaan korupsi dana desa Tahun Anggaran 2015 – 2018.

Dugaan korupsi dana desa yang di laporkan warga atas dugaan markup dan fiktif serta ketidakjelasnya pengelolaan dana desa.

Dokumen warga; kegiatan plat penutup Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) Tahun Anggaran 2016

Sementara, dana desa Tahun Anggaran 2018 masyarakat desa tidak mengetahui jumlah Anggaran dana desa, karena papan pengumuman tidak di cantumkan atau di publikasikan kepada masyarakat desa kerukunan sehingga diduga kepala desa kerukunan terindikasi melakukan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Sebenarnya, sebelumnya warga sudah laporkan ke pihak Inspektorat Hal dugaan korupsi kepala desa yakni Tahun Anggaran 2015 – 2016 dan sudah di audit pihak Inspektorat pada masa itu LHP (Laporan Hasil Pemeriksaan) nya warga tidak tahu berapa jumlah temuan sebenarnya, warga sangat kecewa.

Hasil temuan juga tanpa adanya lakukan musyawarah kembali, diduga tidak jelas.

Sehingga kini masyarakat desa kerukunan melaporkan kembali dugaan korupsi dana desa Tahun Anggaran 2015 – 2018, harapan warga apabila nantinya ada temuan agar pihak terkait dapat menindaklanjuti sesuai hukum yang berlaku.

Pada Sabtu 23 Maret 2019, Sahrim selaku Sekretaris Inspektorat katakan kepada awak media “Jika ada temuan, tindak lanjutnya 60 hari, jika tidak diselesaikannya, berbahaya kepala desanya “. ungkap Sahrim

Ruhul Hayati selaku Irban ll (Inspektur Pembantu) kecamatan bukit Tusam katakan, “SPT kami belum turun, memang sudah siap kami verifikasi, kami akan Audit sesuai permintaan” Ungkap Hayati.

Kemudian, warga desa kerukunan nantinya akan bawa ke APH (Aparat Penegak Hukum) jika dugaan korupsi tidak diselesaikan sebegaimana mestinya yang telah diatur dalam Undang-undang yang berlaku. (MA)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE