Atap Dinas Koperasi Ambruk, Pospera Tuding Pemkot Pasuruan Gagal Kelolah Anggaran

742

Pasuruan, Sigap88 – Ambruknya atap plafon pada ruangan kantor Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Pemerintah Kota Pasuruan, pada pekan lalu, tuai kritikan dari berbagai tokoh masyarakat. mereka menuding, pihak Pemkot gagal dalam melakukan pengelolahan anggaran, khususnya perencanaan dalam penggunaan anggaran APBD.

Hal itu terlihat dari kondisi bangunan pada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro yang berlokasi di jalan Parasrejo No. 25, kecamatan Purworejo, Pleret / Pohjentrek, kota Pasuruan, yang merupakan bangunan lama tanpa adanya pembenahan sehingga bangunan bagian atas yang dari kayu terlihat rapuh.

“Sekelas Kantor Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, bisa ambrol pada atap plafonnya, ini menandakan bahwa, dalam hal ini pemerintah telah lalai dan gagal dalam melakukan pengelolahan anggran terhadap pemanfaatan pembangunan skala prioritas pada pelayanan,” Terang Amin Suprayitno, Pengurus Pospera (Posko Perjuangan Rakyat) DPD Jawa Timur, Kamis (9/1/20).

Prayit menyebut bahwa, perencanaan pemkot dalam penggunaan anggaran menjadi tidak efektif sehingga terkesan ‘Amburadul’. selain lalai dalam melakukan pengecekan terhadap kondisi gedung kantor Dinas Koperasi dan Usaha Mikro yang seharusnya sudah direhab, ada beberapa infrastruktur bangunan yang kurang efektif dan terbengkalai sehingga terkesan buang-buang anggaran.
Atap plafon kantor dinas koperasi dan usaha mikro kota Pasuruan yang ambrol
“Setelah menghabiskan dana hingga belasan miliar rupiah untuk pembangunan infrastruktur gedung kesenian yang kurang efektif, sekarang giliran pembangunan gedung Depo dan Kearsipan Dinas Perpus dan Kearsipan yang dipastikan akan putus kontrak sehingga bangunan akan terbengkalai,” Cetus Prayit.

Menurut Prayit, agar pelayanan masyarakat yang berkaitan dengan usaha mikro bisa berjalan dengan optimal, Plt. Wali Kota Pasuruan harus tanggap dalam mengambil kebijakan untuk memberikan fasilitas tempat kantor representativ yang layak setara dengan kantor dinas.

“Plt. Wali Kota (Teno) harus sesegera mungkin agar memberikan fasilitas tempat yang layak sebagai kantor representatif Dinas Koperasi dan Usaha Mikro yang setara dengan kantor dinas, agar pelayanan khususnya di bidang usaha mikro ini bisa optimal kembali,” Ungkap pria yang kerap disapa ‘Hulk’ itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Ibu Amini, saat dikonfirmasi oleh media ini melalui sambungan WhatsApp, pada Jum’at (10/1/20) terkait dengan ambruknya atap plafon dalam kantornya, masih belum bisa memberikan keterangan resmi lantaran pihaknya saat ini sedang ada giat rapat, “Ma’af mas, konfirmasi jenengan saya terima, tapi mohon ma’af ini saya lagi ada rapat,” Singkatnya. (Gun)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE