Aset Desa ‘Dikuasai’, Kades Kalisangka Siap Laporkan Mantan Kades ke Polisi

996

Buntut Status Mobil Siaga Desa Kalisangka

Sumenep | Sigap88 – Ainur Ridha, S.Pd I. Kepala Desa (Kades) Kalisangka, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur bakal melaporkan mantan Kades Kalisangka, Moh. Fadlan. S.Ag ke pihak berwenang apabila surat Penyampaian Permintaan Kejelasan Status Mobil Siaga yang merupakan aset desa tak ditanggapi atau diindahkan

Ainur Ridha geram, karena Moh. Fadlan hingga kini belum mengembalikan aset desa yang ia gunakan

Menurut Ridha, sebelum jauh menempuh jalur hukum, dia sudah meminta yang bersangkutan untuk segera mengembalikan aset desa tersebut. Karena aset itu kata dia sangat diperlukan oleh masyarakatnya.

Ainur Ridha bahkan melayangkan surat kepada Moh Fadlan pada hari Selasa (11/2/2020) dengan isi surat tersebut agar mantan Kepala desa secepatnya menyerahkan BPKB Mobil Siaga Desa dan Buku rekening BUMDes.

Dia menjelaskan, ada beberapa aset desa yang kini dikuasai oleh mantan kades tersebut. Diantaranya adalah dokumen asli rekening Badan usaha milik desa (BUMDes) dan BPKB (Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor).

Baca Juga : Mobil Siaga Desa Kalisangka Ditengarai Mobil Bodong

Lebih jauh dijelaskan oleh Ridha, “Kita sudah memberitahu kepada mantan kepala desa agar mengembalikan semua aset yang dia kuasai. Namun, sejauh ini yang bersangkutan belum juga mengembalikan aset-aset tersebut.”ungkapnya

“Seharusnya apa yang menjadi hak desa harus dikembalikan ke desa, apalagi yang bersangkutan tidak lagi menjabat sebagai pemimpin di Desa Kalisangka ini,” tegasnya

Surat yang telah dilayangkan kepada mantan Kades Kalisangka

Terpisah, Camat Arjasa Huseiri Husein, S.Sos saat dihubungi melalui telepon selulernya membenarkan bahwa Kades Kalisangka Ainur Ridha telah menyerahkan surat kepada kami tentang aset desa yang masih dikuasai oleh mantan Kades dan belum menyerahkan kepada desa.

“Kami menghimbau kepada mantan Kepala Desa Kalisangka. Moh. Fadlan agar segera menyerahkan BPKB mobil siaga desa dan buku Rekening BUMDes,” kata Camat.

Seharusnya, mantan Kades Kalisangka, wajib menyerahkan asset desa semua, karena itu adalah kepemilikan desa bukan milik pribadi.

“Demi kelancaran regulasi, seharusnya mantan Kepala desa harus segera menyerahkan barang tersebut ke desa,” jelasnya.

Camat menyebutkan, Kepala desa Kalisangka Ainur Ridha melayangkan surat kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Kepala Inspektorat Sumenep, dengan tembusan Camat Arjasa dan Polsek Kangean.

Sekedar diketahui, Serah terima aset Desa Kalisangka, Kecamatan Arjasa tersebut sudah dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2020 lalu, dan di saksikan oleh Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) Arjasa

Terkait hal ini, tim SIGAP88.COM berupaya menghubungi Fadlan selaku mantan Kades Kalisangka untuk dikonfirmasi via Selulernya pada Rabu (12/02/2020), namun belum bisa terhubung hingga berita ini ditayangkan(Koes)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE