Antusias Kades Puspo dan Warga Lakukan Persiapan Selamatan Desa Puspo

0
74

Pasuruan Sigap88 – Antusias warga Desa Puspo, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, dalam upaya mempersiapkan acara Gadeso atau Selamatan Desa.

Kepala Desa Puspo, Bagus Tranggono bersama perangkat desa dan warga setempat terlihat sangat kompak untuk melakukan kerja bakti mempersiapkan tradisi yang dilakukan setiap tahun ini.

Warga mulai berlomba – lomba merakit Ancak yang akan dipamerkan pada acara selamatan desa ‘Gadeso’ yang akan digelar pada pekan depan, sekaligus memperlihatkan hasil karya Ancaknya.

Menurut Bagus, acara ini, “nantinya akan dilaksanakan di Balai Desa Puspo pada 17 Desember pekan depan, setelah melakukan tayuban, puluhan ancak dari 8 dusun di Desa Puspo,akan dipertontonkan di hadapan masyarakat maupun para wisatawan yang datang ke sini mas,” katanya, Senin (10/12/18).

Bagus Tranggono, Kades Puspo bersama perangkat dan warga melakukan persiapan menjelang acara Gadeso

Bukan hanya itu, ada berbagai model ancak yang akan menjadi pusat perhatian, seperti binatang kuda, burung garuda, macan putih, dan lain sebagainya, dan semuanya dibawa dari tempat tinggal warga menuju balai desa setempat.

PT Banner BaitiSholawat

Bagus Tranggono, yang juga Ketua Panitia Gadeso mengatakan bahwa dirinya melakukan segala persiapan agar acara Gadeso pekan depan akan berjalan sesuai harapan, dan dikabulkannya seluruh hajat kami.

“Pesiapan ini dilakukan agar acara Gadeso yang digelar pekan depan bisa berjalan sesuai harapan bersama, dan masyarakat Puspo, dengan tujuan meminta keselamatan desa dari segala penyakit, hingga malapetaka berupa bencana, bisa terkabulkan,” ungkapnya.

Bagus juga mengatakan, “Puspo termasuk daerah pegunungan yang rawan akan bencana longsor. ritual ini memang sengaja dilakukan untuk meminta kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar desa kami terus diberikan keselamatan, kesehatan dan kemakmuran,” terang Bagus Tranggono.

Tradisi ini dilakukan turun temurun sejak dahulu kala dan digelar setiap tiga tahun sekali. Dan warga setempat menyebutnya tradisi Gadeso, atau yang biasa disebut selamatan desa. (Mkt/Gun)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE