Antisipasi Virus Covid-19 Puskesmas Arjasa Lakukan Skrining di Beberapa Pelabuhan

93

Sumenep | Sigap88 – Kepala Puskesmas Arjasa Kepulauan Kangean Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa timur menghimbau agar masyarakat Kecamatan Arjasa mewaspadai terhadap virus Covid-19.

Untuk mengantisipasi hal itu Puskesmas beserta staf puskesmas Arjasa melakukan langkah dengan mengindentifikasi warga asing yang masuk Kekepulauan Kangean, bahkan terhadap warga masyarakat pribumi Arjasa yang bekerja keluar daerah atau luar Negeri apabila pulang kampung harus di periksa secara intensif.

“Kami melakukan langkah antisipasi terhadap pendatang baru bahkan kepada warga Kangean sendiri yang baru datang dari rantau dengan pemeriksaan secara intensif,” kata Kapus Arjasa dr Hidayatur Rahman. Rabu (18/03/2020)

Bahkan dirinya sudah melakukan langkah bersama Forpimka Arjasa langsung pemantauan kepada desa dan menghimbau kepada setiap dusun untuk ikut mendata, TKI Legal maupun yang ILegal yang datang sehingga terlebih dahulu diperiksa kesehatannya.

“Bagi TKI yang Legal akan mendapat bukti surat kesehatan dari Bandara dan selanjutnya diketahui oleh Dinas Kesehatan Sumenep sebagai bukti kepada kami,” jelasnya.

Sedangkan, untuk TKI yang ilegal sesuai data dari desa, langkah kami memberikan pemeriksaan apakah dirinya sehat atau sedang mengidap penyakit.

Bahkan, Polindes dan Ponkesdes yang ada di desa harus efektif berkordinasi dengan pihak Dusun atau Desa untuk memberikan penyuluhan. “Apabila ada TKI yang mengalami sakit sejak dari tempat kerjanya maka kami, segera melakukan tindakan dengan mengevaluasi apakah ada keluhan yang mengarah kepada virus Covid-19,” terangnya.

Sementara, untuk mengantisipasi hal tersebut Puskesmas Arjasa bekerja sama dengan Forpimka membuat Posko dibeberapa tempat pelabuhan yang ada di Kecamatan Arjasa, Seperti Pelabuhan Batu guluk, Pelabuhan Cellong dan Pelabuhan Pabian, yang merupakan akses lintas provinsi, Kabupaten dan lintas pulau.

“Selama ini, kami melakukan skrining di beberapa pelabuhan bersama Forpimka, tidak ditemukan warga yang yang terindikasi virus Covid-19,” ungkapnya.

dr Hidayatur Rahman menghimbau kepada masyarakat Kecamatan Arjasa agar selalu menjaga kesehatan, lakukan pola hidup sehat dengan banyak mengkonsumsi air minum dan mengkonsumsi vitamin C.

Diketahui, 8 warga asing yang sekarang keberadaannya di Kecamatan Arjasa, selalu mendapat pantauan dari Forpimka Arjasa lebih-lebih pemeriksaan kesehatannya dari tim Puskesmas Arjasa.

Sampai saat ini dari hasil Pantauan tim medis dari Puskesmas Arjasa tentang 8 warga asing dalam keadaan sehat. (Koes)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE