Antisipasi DBD, Pustu Desa Pagerungan Besar Lakukan Fogging

85
Antisipasi DBD, Pustu Desa Pagerungan Besar Lakukan Fogging
Kepala Pustu desa Pagerungan besar H. Haidir, S. Kep, Ns

Sumenep | Sigap88 – Dalam meningkatkan pelayanan kesehatan Puskesmas pembantu (Pustu) desa Pagerungan besar selalu bersinergi dengan pemerintah daerah dan perusahaan migas Kangean Energi Indonesia (KEI).

Seperti yang disampaikan Kepala Pustu desa Pagerungan besar H. Haidir, S. Kep, Ns saat di konfirmasi tentang penyakit menular di tengah perubahan musim pancaroba.

“Di bulan Desember 2020 kemaren masyarakat desa Pagerungan besar dan wilayah kepulauan lainnya ada yang menderita penyakit demam berdarah,” kata H. Haidir. Sabtu (6/2/2021).

Menurutnya, pendeteksian penyakit demam berdarah harus melalui uji lab ke Puskesmas Sapeken dikarenakan di Pustu desa Pagerungan besar belum mempunyai uji lab sendiri.

“Dari hasil uji lab ke Puskesmas Sapeken pada bulan Desember 2020 ada 3 orang yang positif demam berdarah,” ucapnya.

Sementara, untuk yang lainnya bisa teratasi dengan pengobatan di Pustu desa Pagerungan besar walaupun gejalanya mengarah kepada penyakit demam berdarah.

Maka dari itu kami bersama pemerintah desa Pagerungan Besar serta dengan perusahaan migas PT KEi melakukan pengasapan (fogging). “Kami di bantu dari perusahaan migas (PT. KEI) mengenai obatnya dan sarana penyemprotan sedangkan dari desa kami di bantu operasionalnya,” jelas Haidir.

Selain itu, kami juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan penerapan 3M plus. “Hendaknya masyarakat selalu menerapkan 3M plus untuk pencegahan demam berdarah yang di akibatkan oleh gigitan nyamuk Aedes aigypti,” papar Haidir.

“Penerapan 3M plus merupakan langkah efektif membunuh sarang nyamuk Aedes Aigypty dengan cara aktif menguras tempat penampungan air, mengubur barang bekas yang sekiranya dapat menampung air, menutup tempat penampungan air dan memberikan bubuk Abate di tempat penampungan air,” tandasnya. (Koes)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE