Antisipasi DBD, Puskesmas Gayam Lakukan Fogging

156

Sumenep | Sigap88 – Musim pancaroba sering sekali terjadi penyakit menular seperti Demam Berdarah yang di akibatkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Maka dari itu untuk mencegah terjadinya penyakit menular yang di sebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti melakukan penyemprotan melalui Fogging (pengasapan) yang memakai obat pestisida.

“Pengasapan di lakukan untuk membunuh nyamuk terutama nyamuk Aedes Aegypti di beberapa tempat yang sekiranya menjadi sarang nyamuk,” kata Kepala Puskesmas Gayam Nuruddin. Minggu (13/12)

Dalam kegiatan tersebut tim dari Puskesmas Gayam yang melibatkan anggota Koramil Sapudi juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk melakukan antisipasi berkembangnya nyamuk Aedes Aegypti dengan cara memberikan bubuk Abate di setiap penampungan air seperti, bak mandi.

“Penerapan 3M+ harus dilakukan seperti menguras, menutup dan mengubur kaleng bekas yang bisa menampung air hujan yang di jadikan tempat bertelurnya nyamuk Aedes Aegypti dan plusnya menabur bubuk Abate di setiap penampungan air,” terangnya.

Dijelaskan pula oleh Kapus Nuruddin, yang paling penting dalam sebuah pencegahan harus timbul dari kesadaran kita masing masing untuk menjaga kesehatan dan menjaga kebersihan lingkungan.

“Mari kita giatkan kebersihan lingkungan agar kita terbebas dari penyakit menular seperti Demam berdarah,” tegasnya.

Dilakukannya Fogging kata dr Nuruddin di karenakan dalam dua Minggu ini peningkatan penderita Demam berdarah meningkat.

“Sesuai dengan data yang masuk ke Puskesmas Gayam ada 14 orang yang menderita Demam berdarah termasuk yang paling banyak di Desa Kaliang,” ungkapnya.

Maka, di lakukan pengasapan di Desa Kaloang agar nyamuk Aedes Aegypti mati yang di sertakan dengan 3M+. “Dengan upaya pengasapan dan penerapan 3M+ berharap agar penderita demam berdarah tidak bertambah lagi bahkan tidak akan terjadi lagi,” harapnya.

“Kami telah melayangkan surat kepada setiap Kepala Desa se Kecamatan Gayam agar ikut berpartisipasi dalam mengantisipasi dan berperan aktif dalam mencegah peningkatan DBD melalui 3M,” pungkasnya. (Rob)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE