Anggota Komisi III DPRD Sumenep : Kapal Mudik Gratis Harus Laik Layar

0
111

Sumenep | SIGAP88 – Libur hari raya Lebaran akan tiba. Tradisi pulang kampung atau lebih dikenal dengan sebutan mudik barangkali jadi opsi yang paling banyak dipilih, baik itu dalam rangka menengok orang tua, mertua, atau mengunjungi sanak saudara yang lain.

Pemerintah berencana melakukan pelaksanaan mudik gratis, tak terkecuali di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Program mudik gratis ini dilakukan untuk mewujudkan lalu lintas yang aman, selamat dan lancar ketika musim angkutan Lebaran tiba. Sejumlah moda transportasi pun dapat dilirik, salah satunya moda tranportasi laut.

Namun dalam rencana pelaksanaan mudik gratis ke sejumlah kepulauan di Sumenep, ini menjadi perhatian H. Joni Widarso, anggota komisi III DPRD. Kabupaten Sumenep

PT Banner BaitiSholawat

Menurutnya, perencanaan mudik gratis ini harus dilakukan secara matang.

“Yang perlu diperhatikan tentang mudik gratis ini salah satunya kwalitas kapal, dimana kapal tersebut kelayakannya sudah terjamin, karena pelayaran tersebut sangat jauh”, kata Joni.

Sebelumnya pemerintah, Terkait aspek keselamatan, pemerintah menekankan agar operator kapal laut menjunjung tinggi disiplin bagi para awak kapal termasuk nakhoda yang mengoperasikan armada kapal. Terkait aspek keamanan, koordinasi dengan pihak Polri maupun TNI diyakini dapat lebih menjamin keamanan penumpang angkutan laut.

Pelayaran ke sejumlah pulau dengan gratis itu harus memperhatikan keselamatan.

Jadi, dengan kapal layak dan baik, maka keselamatan akan terjaga juga. ‚Äúsemua yang berkepentingan dengan kelancaran dan kelayakan kapal, harus benar benar memprogramkan hal itu dengan matang”, jelasnya.

Sehingga, politisi Partai Gerindra ini berharap kepada, pemerintah baik pemprov untuk mencari kapal yang benar benar laik pakai dan laik berlayar.

“Untuk memberikan azas manfaat dan memaksimalkan bagi warga kepulauan, maka sangat diperlukan pemerintah harus selektif dalam memberikan tiket gratis kepada warga yang benar benar orang kepulauan”, pungkasnya. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE