Aliansi Jurnalis Madura Gelar Konsolidasi

0
310

Mengembalikan Peran Pers Sebagai Pilar Demokrasi ke IV

Sumenep, SIGAP88 – Aliansi Jurnalis Madura (AJM) menggelar Konsolidasi dengan semua wartawan yang tergabung dalam AJM dengan tema “Mengembalikan peran pers sebagai pilar demokrasi keempat”

Melalui rapat konsolidasi dan pemantapan organisasi diharapkan dapat meningkatkan silaturahmi dan kinerja di bidang jurnalistik, terutama di tubuh AJM

Konsolidasi di laksanakan di salah satu aula rumah makan Sakera di hadiri oleh 2 (dua) narasumber dari Advokasi, Zamrud Khan, SH. dan Kurniadi, S.Sos. SH. Senin (17/09/2018).

Pemateri Zamrud Khan mengatakan, peran Pers sangat besar sebagai corong masyarakat sehingga masyarakat akan tahu terkait dengan kepemerintahan hukum dan sebagainya.

“Pers merupakan pilar ke IV sehingga pers mempunyai andil juga dalam memberikan informasi publik kepada masyarakat”, jelas Zamrud.

Pers mempunyai tugas menyampaikan dalam bentuk karya tulis kepada publik apa yang ia lihat dan ia dengar dengan tetap mengedepankan kode etik jurnalistik, klarifikasi kepada pihak yang terkait.

“UU pers no 40 tahun 1999 mempunyai peran penting dalam pegangan insan pers, sehingga pers mempunyai kebebasan dalam melakukan peliputan dan mengklarifikasi terkait dengan sumber yang ia gali”, jelasnya pula.

Kurniadi, S.Sos, SH mengatakan pers sebagai pilar demokrasi ke IV mempunyai fungsi penting bagi perkembangan dalam suatu Negara atau kepemerintahan.

“Maju dan mundurnya dalam tatanan di segala sektor kepemerintahan, pers mempunyai tanggung jawab besar”, papar Kurniadi.

Kurniadi sebagai Advokad muda menegaskan dan mengajak para insan pers untuk benar benar bertindak sesuai fungsi dan tugasnya.

“Sebagai insan pres harus memberikan pemberitaan yang seimbang, harus melalui klarifikasi dan narasumbernya jelas, sehingga pemberitaan benar benar akurat”, imbuh Kurniadi.

Sementara, ketua AJM Fery Arbania mengajak kepada semua insan pers yang tergabung di dalam AJM untuk lebih memfungsikan tugas dan kewajiban sebagai Jurnalis.

“Jangan di karenakan kemitraan atau semacamnya harus menggadaikan profesi kita sebagai seorang wartawan, kita harus tegas dan cermat dalam menyikapi setiap yang akan di beritakan karena kita adalah corong dari masyarakat”, tegasnya (Koes)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE