45 Persen Anggota Dewan Kota Pasuruan, Malas Urus LHKPN

0
100

Pasuruan, Sigap88 – Pejabat Negara harus mewujudkan penyelenggaraan Negara yang bersih dan transparan. Salah satunya adalah dengan memberikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada KPK.

Berdasarkan informasi Sekretaris Dewan DPRD Kota Pasuruan, R muraharto diruang kerjanya, senin (4/3/19) per bulan maret 2019, dari jumlah 30 anggota DPRD, ada 13 anggota DPRD Kota Pasuruan, sekitar (45%) belum memberikan LHKPN. Padahal ini merupakan kewajiban setiap penyelenggara negara.

Ada beberapa landasan hukum yang berlaku yang mengatur kewajiban tersebut. Salah satunya adalah pasal 5 UU No 28/1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas KKN.

Selain itu, pelaporan LHKPN juga sebuah upaya KPK dalam melakukan pencegahan tindak pidana korupsi seperti yang tertuang dalam pasal 13 UU No 30/2002 tentang KPK.

Rachmad Cahyono, Sekjen Lsm Laskar Merah Putih Indonesia (LMPI) DPD Jawa Timur, mengatakan bahwa adanya LHKPN justru mendorong penyelenggaraan negara yang bersih dan transparan. Dan DPRD harus menjadi contoh karena merupakan lembaga yang bekerja untuk masyarakat.

“DPRD Kota Pasuruan adalah institusi yang mewakilkan masyarakat secara umum. Maka mereka harus menunjukkan diri sebagai orang yang bersih dan transparan,” kata Rachmat Cahyono, di Markas Cabang LMPI di jalan hayamwuruk 8-10 kota pasuruan,selasa (5/3/19).

Menurutnya, pelaporan harta kekayaan adalah buah dari reformasi, Pelaporan harta kekayaan berkaitan erat dengan integritas seorang penyelenggara negara, dengan mengisi LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) menandakan pemahaman seorang penyelenggara tentang faham akan aturan.

Dengan memberikan LHKPN, lanjut Cahyono, anggota DPRD justu dapat menaikkan kepercayaan publik. Tapi jika tidak dilakukan, justru akan membuat keadaan menjadi sebaliknya.

“Kepercayaan publik terhadap proses kebijakan dari DPRD akan turun jika anggotanya tidak terbuka. Dan akan mengganggu proses komunikasi dengan para konstituen mereka sendiri,” Pungkas Cahyono. (Ko/Gun)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE