Transaksi Obat Zenith Lintas Provinsi Berhasil Dibekuk Mapolres Katingan

0
35

Katingan,Sigap88_Mengenai Obat Zenith atau carnophen sebenarnya adalah obat untuk jenis penyakit tulang, Jika dikonsumsi berlebihan bisa membuat mabuk, lBahkan penggunaan dalam jangka waktu yang cukup panjang akan membuat si pemakai ketergantungan,

Karena efek sampingnya itulah yang membuat warga memilih menggunakan zenith daripada narkoba. Di samping harganya jauh lebih murah, untuk mendapatkannya pun terbilang mudah,

Di Kalimantan Tengah (Kalteng) peredaran Zenith memang bukan lagi kabar baru, Sudah Bertahun-tahun obat itu sering kali digunakan orang yang mengonsumsinya untuk mabuk.

Seperti salah satu pengedar obat zenith (Carnophen) pria berinisial CMU (20) yang berhasil ditangkap Mapolres Katingan beserta Barang Bukti yang sudah diamankan, jum’at (14/07/17) pukul 16.00 WIB.

Penangkapan tersangka bermula dari laporan masyarakat yang menyampaikan bahwa tersangka kerap melakukan transaksi jual beli zenith. Pelaku diamankan di jalan Baon Bango Km.04 Desa Hampalit Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan Provinsi Kalteng.

Kapolres Katingan AKBP Ivan Adhityas Nugraha, S.I.K., melalui Kasat Narkoba Iptu Gusnarwardy, S.H., mengatakan,” Pelaku diamankan saat hendak bertransaksi dengan barang bukti sebanyak 2.200 butir zenith dan uang tunai sebesar Rp 2,4 juta, dua handphone dan satu unit sepeda motor, Saat ini pelaku diamankan di Mapolres dan dilakukan penyidikan guna mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Atas perbuatanya tersangka dijerat pasal 197 UU Republik Indonesia (RI) Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara dan denda maksimal Rp 1,5 miliar,

” Kami selaku aparat penegak hukum akan terus memberantas barang haram ini agar mampu memberikan efek jera kepada pelaku, sehingga tidak ada lagi generasi muda yang rusak karena narkoba maupun zenith ini,” tegasnya,Sabtu (15/07/2017) pagi.(riz/luk)