Paguyuban Kerapan Sapi Sumenep Mengadakan Lomba Karapan Sapi Semadura “Sumekar Cup 2017”

0
152

Sumenep, SIGAP88 – Wilayah Madura yang kental dengan karapan sapi dan merupakan ikon budaya Madura yang sangat perlu di lestarikan oleh Masyarakat sehingga Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Paguyuban Karapan sapi mengelar lomba karapan sapi spektakuler se Madura dalam rangka “Sumekar Cup 2017”.

Lomba karapan sapi yang merebutkan hadiah 6 unit mobil sehingga menarik pecinta karapan sapi seluruh Madura untuk mengikuti lomba tersebut.

Gelar lomba yang terlaksana pada hari Minggu 16/7 pukul 09.45 WIB bertempat di Lapangan Kerapan Sapi Giling Jl. Agus Salim Desa Pangarangan Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur.

Wakil Bupati Sumenep Ach Fauzi membuka langsung acara lomba karapan sapi semadura dengan memperebutkan 6 unit mobil, hadir pula di tengah tengah para peserta dan penonton, Ketua DPRD Kabupaten Sumenep dan segenap Panitia Paguyuban lomba kerapan sapi.

Wakil Bupati dalam sambutanya menyampaikan bahwa lomba Karapan Sapi adalah acara khas masyarakat Madura yang di gelar setiap tahun sekali selain di perlombakan, karapan sapi juga merupakan ajang pesta rakyat dan tradisi yang prestis dan bisa mengangkat status sosial seseorang.

Karapan sapi merupakan salah satu budaya Madura yang mampu menarik perhatian wisatawan domestik dan mancanegara. Penyelenggaraan karapan sapi merupakan implementasi dalam rangka partisipasi pembangunan dalam mewujudkan visi misi Kabupaten Sumenep sebagai kota pariwisata dan kota jasa.

Dengan melibatkan etnis-etnis lain yang ada di Kabupaten Sumenep, untuk meningkatkan tali persaudaraan sehingga akan meningkatkan persatuan dan menumbuh kembangkan rasa kebhinnekaan.

Ach Fauzi menambahkan bahwa tujuan diadakannya lomba Kerapan Sapi antara lain untuk mewujudkan partisipasi masyarakat Madura dalam pembangunan di Kabupaten Sumenep, melestarikan kekayaan Nusantara berupa karapan sapi, saling berinteraksi budaya antar etnis dapat meningkatkan kebersamaan untuk menguatkan pondasi di Indonesia, dapat mengembangkan perekonomian masyarakat Kabupaten Sumenep, dan saling berbaur antaretnis demi terwujudnya keharmonisan.

Dari hasil seleksi sampai final dalam lomba karapan sapi “Sumenep Cup 2017” yang menjadi juara adalah sapi yang bernama Gagak rimang milik H. Tohir dari Kabupaten Bangkalan, dan tidak hanya itu saja H. Tohir yang mempunyai sapi 3 pasang ketiganya memborong hadiah mobil. (Koes)