indonesia Indonesia english English
Hari ini:
Headline News:

Sabhara Polda Jatim Luncurkan Senjata Anti Huru-Hara

Surabaya [sigap88.com] Kepolisian Daerah Jawa Timur terus berbenah diri menghadapi pengamanan di Jatim, salah satunya menyiapkan enam unit senjata multi launcher yang digunakan untuk mengantisipasi gangguan kerusuhan selama pemilu baik pilkada Gubernur dan Pemilu Presiden pada 2014 mendatang.

Direktur Sabhara Polda Jatim, Kombes Pol M Elia W Mustoko, Kamis (14/2/2013) mengatakan senjata ini berbentuk senapan besar dengan tiga isi, dan bisa ditembakkan hingga jarak 25 meter.


"Ketika meledak akan mengeluarkan asap, sehingga dapat membubarkan massa jika terjadi kerusuhan selama pilkada, pilgub dan pemilu," ujar Direktur Sabhara saat didampingi oleh Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Hilman Thayib.

Meski telah lama memiliki enam unit senjata jenis ini. Namun, Elia menyebut pihaknya belum pernah menggunakan senjata ini. Pasalnya, situasi  di Jawa Timur masih kondusif juga tidak pernah sampai anarkis atau membahayakan.

“Kami berharap, pada perhelatan Pilgub, Pileg dan Pilpres nanti senjata ini tetap tidak digunakan,” tandasnya

Selain itu, Polda Jatim juga menyiapkan 165 Kendaraan Remas (Pengurai Massa) untuk mengamankan unjuk rasa atau kerusuhan lain dalam perhelatan pesta demokrasi nanti.Sebanyak 165 unit sepeda motor jenis Trail 150 CC itu dibagikan ke semua Polres Jajaran dalam dua periode.

Periode pertama sebanyak 90 unit, dan periode kedua ada 75 unit. "Yang 90 unit sudah lama kita bagikan, sedangkan 75 unit baru kita bagikan ke semua Polres jajaran pada awal 2013 ini," ujarnya.

Saat ini, setiap polres milimal punya satu pleton Remas yang berisi 15 motor. Dari 35 Polres se-Jawa Timur, sebagian besar sudah punya dua pleton tim pengurai massa tersebut.(Han/Bib)

Berkomentarlah yang Sopan